MANAJEMEN PENDIDIKAN
Definisi Manajemen Pendidikan
Manajemen pendidikan untuk saat ini yakni merupakan hal yang perlu
diprioritaskan untuk kelangsungan pendidikan sehingga menghasilakan
keluaran yang diinginkan.
Menurut Dale yang mengutip beberapa pendapat ahli tentang pengertian manajemen, merincikan bahwa manajemen berarti:
1. Mengelola orang-orang
2. Pengambilan keputusan
3. Proses pengorganisasian dan memakai sumber-sumber untuk menyelesaikan tujuan yang ditentukan
4. Pendapat pertama merupakan penanganan terhadap para anggota
organisasi, sedangkan pendapat kedua dan ketiga mencakup para
anggotanya dan materi.
Sedangkan definisi pendidikan secara luas terbatas adalah usaha sadar
yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, pemerintah, melalui kegiatan,
bimbingan, pengajaran atau latihan yang berlangsung di sekolah dan
luar sekolah sepanjang hayat, untuk mempersiapkan peserta didik agar
dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat
dimasa yang akan dating. Pendidikan merupakan pengalaman-pengalaman
belajar terprogram dalam bentuk pendidikan formal,non formal dan
informal di sekolah dan luar sekolah yang berlangsung seumur hidup yang
bertujuan optimalisasi pertimbangan kemampuan-kemampuan individu, agar
dikemudian hari dapat memainkan peranan hidup secara tepat.
Dari pengertian di atas ,manajemen pendidikan merupakan suatu proses
untuk mengkoordinasi berbagai sumber daya pendidikan seperti guru,
sarana dan prasarana pendidikan seperti perpustakaan,laboratorium,dsb
untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan.
Ada sepuluh pengertian manajemen pendidikan dari berbagai referensi yang telah saya baca, yaitu:
1. Menurut Prof. DR. Oemar Hamalik.Manajemen pendidikan adalah suatu
proses atau sistem organ peningkatan kemanusiaan dalam kaitannya dengan
suatu sistem pendidikan.
2. Menurut Prof. DR. H . Muhaimin,MA ; Hj. Suti’ah, MPd; Sugeng Listyo
Prabowo, MPd.Manajemen Pendidikan merupakan seni dan ilmu mengelola
sumber daya pendidik untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif
dan efisien.
3. Menurut Zainal Aqib dalam bukunya yang berjudul “ Belajar dan
Pembelajaran di Taman Kanak-kanak”Manajemen Pendidikan yaitu
keseluruhan proses pendayagunaan semua sumber daya manusia maupun bukan
sumber daya manusia dalam rangka mencapai tujuan Instruksional
pendidikan.
4. Menurut Drs. B. Suryosubroto.Manejemen Pendidikan dari segi
Kepemimpinan, merupakan usaha untuk menjawab pertanyaan bagaimana
dengan kemampuan yang dimiliki administrator pendidikan itu, ia dpt
mlksnskn pencapaian tujuan pendidikan.
5. Menurut Redja Mudyaharjo dalam bukunya “Manajemen pendidikan adalah
suatu proses untuk mengkoordinasikan berbagai sumber daya pendidikan
seperti guru, sarana dan prasaran pendidikan seperti laboratorium,
perpustakaan, dsb untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan.
6. Menurut Biro Perencanaan Depdikbud, manajemen pendidikan adalah
proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, mengendalikan tenaga
pendidikan, sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan,
mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan manusia seutuhnya,yaitu
manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi
pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan, ketrampilan, kesehatan
jasamani dan rohani, kepribadian yang mantap, mandiri serta bertanggung
jawab pada kemasyarakatan dan kebangsaan.
7. Menurut Engkoswara (2001); manajemen pendidikan adalahsuatu ilmu
yang mempelajarai bagaimana menata sumber daya untuk mencapai tujuan
yang telah ditetapkan secara produktifdan bagaimana menciptakan suasana
bagi manusia yang turut serta didalam mencapai tujuan yang disepakati
bersama.
8. Menurut Soebadio Atmodiwiryo (2000); manajemen pendidikan dapat
didefinisikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin,
mengendalikan tenaga pendidikan, sumber daya pendidikan untuk mencapai
tujuan pendidikan.
9. Menurut Djam’an Satori (1980); manajemen pendidikan ialah
keseluruhan proses kerjasama dengan memanfaatkan semua sumber personil
dan materiil yang tersedia dan sesuai untuk mencapai tujuan pendidikan
yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien.
10. Menurut Made Pidarta (1988); manajemen pendidikan ialah aktifitas
memadukan sumber-sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai
tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya.
Manajemen Pendidikan untuk Anak Usia Dini atau Taman Kanak-kanak pada
dasarnya merupakan implementasi manajemen pendidikan , yaitu
keseluruhan proses pendayagunaan semua sumber daya manusia maupun bukan
manusia dalam rangka mencapai tujuan intsruksional pendidikan
prasekoah. Sumber daya yang dimaksud adalah komponen-komponen dalam
system pendidikan, seperti Program kegiatan belajar (PKB), Pembina,
sarana, prasarana, uang dan komponen lainnya.
Tujuan manajemen pendidikan untuk Anak Usia dini atau taman kanak-kanak
adalah agar sistem pendidikan berlangsung efektif dan efisien.
Komponen sistem pendidikan pada umumnya mencakup enam hal, yaitu :
1. manajemen program pembelajaran
2. manajemen kesiswaan
3. manajemen kepegawaian
4. manajemen sarana dan prasarana
5. manajemen keuangan
6. manajemen hubungan dengan masyarakat
Manajemen program pembelajaran adalah segala usaha pengaturan proses
belajar mengajar dalam rangka terciptanya proses belajar mengajar yang
efektif dan efisien.
Di lembaga pendidikan taman kanak-kanak, pengaturan proses belajar
mengajar itu didasarkan pada Garis-Garis Besar Program Kegiatan Belajar
Mengajar (GBPKB) yang ditetapkan okeh Departemen Pendidikan Nasional.
Tujuan manajemen program pembelajaran adalah untuk menciptakan proses
belajar mangajar yang dengan mudah direncanakan,diorganisasikan,
dilaksanakan dan dikendalikan dengan baik. Sehingga proses belajar
mengajar tersebut dapat berlangsung secara efektif dan efisien.
Pengertian manajemen dan manajemen pendidikan menurut pendapat saya :
a. Pengertian Manajemen menurut pendapat saya adalah suatu ilmu
pengetahuan atau seni memimpin orang dalam melaksanakan suatu pekerjaan
yang melibatkan dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu
secara efektif dan efisien.
b. Pengertian Manajemen Pendidikan menurut pendapat saya ; Manajemen
adalah seni atau ilmu mengelola sumber daya manusia (pendidik) untuk
mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.
21 komentar:
jadi tambah ilmu
so pastiiii ,..,heeee
manajemen bK apa bedanya
bukan'e komponen'y ada 10 yah???
diyah.
.ya bedanya pada bidang tertentu saja sih.
yuniar : itu pada umumnya saja mba
mulailah dengan belajar memenej diri sendiri.. hehe
bagu...
manajemen hati gmn tuh.....
mba dwi : diri pribadi langkah awal
mba yusni : bagus dong mbaaaa
mba herni : hati yang seperti apaa yah bunnnn
he.he.he salam kenal
berkunjung ke blog ane ya..
http://ardiq.blogspot.com/
sipps...nambah ilmu...
rdi oww okeeh sippp..,.,mkasihh brro a
rdiii
leli tentunya donnggggg,.,,.,. terimakasih
bsa buat rfrensi nie,,,
Zall tlias'e mumetiiii,,
lanjutkan.
sipp
makasih mas bro atas ilmu cuma-cumanya
Posting Komentar