Rabu, 08 Mei 2013

MANAJEMEN PENDIDIKAN



 

Definisi Manajemen Pendidikan

Manajemen pendidikan untuk saat ini yakni merupakan hal yang perlu diprioritaskan untuk kelangsungan pendidikan sehingga menghasilakan keluaran yang diinginkan.

Menurut Dale yang mengutip beberapa pendapat ahli tentang pengertian manajemen, merincikan bahwa manajemen berarti:

1. Mengelola orang-orang

2. Pengambilan keputusan

3. Proses pengorganisasian dan memakai sumber-sumber untuk menyelesaikan tujuan yang ditentukan

4. Pendapat pertama merupakan penanganan terhadap para anggota organisasi, sedangkan pendapat kedua dan ketiga mencakup para anggotanya dan materi.

Sedangkan definisi pendidikan secara luas terbatas adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, pemerintah, melalui kegiatan, bimbingan, pengajaran atau latihan yang berlangsung di sekolah dan luar sekolah sepanjang hayat, untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat dimasa yang akan dating. Pendidikan merupakan pengalaman-pengalaman belajar terprogram dalam bentuk pendidikan formal,non formal dan informal di sekolah dan luar sekolah yang berlangsung seumur hidup yang bertujuan optimalisasi pertimbangan kemampuan-kemampuan individu, agar dikemudian hari dapat memainkan peranan hidup secara tepat.

Dari pengertian di atas ,manajemen pendidikan merupakan suatu proses untuk mengkoordinasi berbagai sumber daya pendidikan seperti guru, sarana dan prasarana pendidikan seperti perpustakaan,laboratorium,dsb untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan.

Ada sepuluh pengertian manajemen pendidikan dari berbagai referensi yang telah saya baca, yaitu:

1. Menurut Prof. DR. Oemar Hamalik.Manajemen pendidikan adalah suatu proses atau sistem organ peningkatan kemanusiaan dalam kaitannya dengan suatu sistem pendidikan.

2. Menurut Prof. DR. H . Muhaimin,MA ; Hj. Suti’ah, MPd; Sugeng Listyo Prabowo, MPd.Manajemen Pendidikan merupakan seni dan ilmu mengelola sumber daya pendidik untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

3. Menurut Zainal Aqib dalam bukunya yang berjudul “ Belajar dan Pembelajaran di Taman Kanak-kanak”Manajemen Pendidikan yaitu keseluruhan proses pendayagunaan semua sumber daya manusia maupun bukan sumber daya manusia dalam rangka mencapai tujuan Instruksional pendidikan.

4. Menurut Drs. B. Suryosubroto.Manejemen Pendidikan dari segi Kepemimpinan, merupakan usaha untuk menjawab pertanyaan bagaimana dengan kemampuan yang dimiliki administrator pendidikan itu, ia dpt mlksnskn pencapaian tujuan pendidikan.

5. Menurut Redja Mudyaharjo dalam bukunya “Manajemen pendidikan adalah suatu proses untuk mengkoordinasikan berbagai sumber daya pendidikan seperti guru, sarana dan prasaran pendidikan seperti laboratorium, perpustakaan, dsb untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan.

6. Menurut Biro Perencanaan Depdikbud, manajemen pendidikan adalah proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, mengendalikan tenaga pendidikan, sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan, mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan manusia seutuhnya,yaitu manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan, ketrampilan, kesehatan jasamani dan rohani, kepribadian yang mantap, mandiri serta bertanggung jawab pada kemasyarakatan dan kebangsaan.

7. Menurut Engkoswara (2001); manajemen pendidikan adalahsuatu ilmu yang mempelajarai bagaimana menata sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara produktifdan bagaimana menciptakan suasana bagi manusia yang turut serta didalam mencapai tujuan yang disepakati bersama.

8. Menurut Soebadio Atmodiwiryo (2000); manajemen pendidikan dapat didefinisikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, mengendalikan tenaga pendidikan, sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan.

9. Menurut Djam’an Satori (1980); manajemen pendidikan ialah keseluruhan proses kerjasama dengan memanfaatkan semua sumber personil dan materiil yang tersedia dan sesuai untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien.

10. Menurut Made Pidarta (1988); manajemen pendidikan ialah aktifitas memadukan sumber-sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya.

Manajemen Pendidikan untuk Anak Usia Dini atau Taman Kanak-kanak pada dasarnya merupakan implementasi manajemen pendidikan , yaitu keseluruhan proses pendayagunaan semua sumber daya manusia maupun bukan manusia dalam rangka mencapai tujuan intsruksional pendidikan prasekoah. Sumber daya yang dimaksud adalah komponen-komponen dalam system pendidikan, seperti Program kegiatan belajar (PKB), Pembina, sarana, prasarana, uang dan komponen lainnya.

Tujuan manajemen pendidikan untuk Anak Usia dini atau taman kanak-kanak adalah agar sistem pendidikan berlangsung efektif dan efisien.

Komponen sistem pendidikan pada umumnya mencakup enam hal, yaitu :

1. manajemen program pembelajaran

2. manajemen kesiswaan

3. manajemen kepegawaian

4. manajemen sarana dan prasarana

5. manajemen keuangan

6. manajemen hubungan dengan masyarakat

Manajemen program pembelajaran adalah segala usaha pengaturan proses belajar mengajar dalam rangka terciptanya proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.

Di lembaga pendidikan taman kanak-kanak, pengaturan proses belajar mengajar itu didasarkan pada Garis-Garis Besar Program Kegiatan Belajar Mengajar (GBPKB) yang ditetapkan okeh Departemen Pendidikan Nasional.

Tujuan manajemen program pembelajaran adalah untuk menciptakan proses belajar mangajar yang dengan mudah direncanakan,diorganisasikan, dilaksanakan dan dikendalikan dengan baik. Sehingga proses belajar mengajar tersebut dapat berlangsung secara efektif dan efisien.


Pengertian manajemen dan manajemen pendidikan menurut pendapat saya :

a. Pengertian Manajemen menurut pendapat saya adalah suatu ilmu pengetahuan atau seni memimpin orang dalam melaksanakan suatu pekerjaan yang melibatkan dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien.

b. Pengertian Manajemen Pendidikan menurut pendapat saya ; Manajemen adalah seni atau ilmu mengelola sumber daya manusia (pendidik) untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

21 komentar:

Unknown mengatakan...

jadi tambah ilmu

zaldimuzani@gmail.com mengatakan...

so pastiiii ,..,heeee

Diah Winarni mengatakan...

manajemen bK apa bedanya

Unknown mengatakan...

bukan'e komponen'y ada 10 yah???

zaldimuzani@gmail.com mengatakan...

diyah.
.ya bedanya pada bidang tertentu saja sih.

zaldimuzani@gmail.com mengatakan...

yuniar : itu pada umumnya saja mba

Unknown mengatakan...

mulailah dengan belajar memenej diri sendiri.. hehe

Unknown mengatakan...

bagu...

Unknown mengatakan...

manajemen hati gmn tuh.....

zaldimuzani@gmail.com mengatakan...

mba dwi : diri pribadi langkah awal

zaldimuzani@gmail.com mengatakan...

mba yusni : bagus dong mbaaaa

zaldimuzani@gmail.com mengatakan...

mba herni : hati yang seperti apaa yah bunnnn

Muhamad Ardianto mengatakan...

he.he.he salam kenal

berkunjung ke blog ane ya..

http://ardiq.blogspot.com/

Unknown mengatakan...

sipps...nambah ilmu...

zaldimuzani@gmail.com mengatakan...

rdi oww okeeh sippp..,.,mkasihh brro a
rdiii

zaldimuzani@gmail.com mengatakan...

leli tentunya donnggggg,.,,.,. terimakasih

Unknown mengatakan...

bsa buat rfrensi nie,,,

Unknown mengatakan...

Zall tlias'e mumetiiii,,

Unknown mengatakan...

lanjutkan.

Unknown mengatakan...

sipp

Unknown mengatakan...

makasih mas bro atas ilmu cuma-cumanya